Skip to main content

Kebun Teh Kemuning, Keindahan di Kaki Gunung Lawu




Menceritakan pengalaman seru saat liburan membuat hatiku berbunga, membayangkan kenangan yang dimiliki, yang tersimpan dalam hati dan terlukis dalam beberapa hasil tangkapan kamera. Aku yakin kita semua memiliki kenangan dalam liburan seru bersama keluarga.

Liburan seru dan murah meriah ala Avrin salah satunya ke agrowisata kebun teh Kemuning.

Kenapa seru? Karena aku bisa habiskan waktu bersama keluargaku, berlari larian di tengah hamparan pohon teh sambil bercanda gurau. Bisa duduk bersama dengan kedua orangtuaku. Kita berbagi cerita sambil menikmati kesejukan udara pegunungan yang jauh dari polusi.

Berapa sih tiket masuknya ka? Gratis alias FREE. Itulah kenapa aku bilang murah meriah, kita hanya perlu siapkan budget untuk membeli bensin, jajan, makanan, dan oleh oleh. Cocok deh buat traveler yang cari destinasi keren dengan budget minim.

Disini kita disuguhkan dengan keelokan pemandangan, sangat mengagumkan. Hamparan hijau kebun teh sejauh mata memandang, sungguh menenangkan hati. Cocok buat kita yang lagi galau atau mencari inspirasi dalam ketenangan. Udara yang masih sangat sejuk dan menyegarkan, kita dapat merasakan dinginnya kabut, apalagi saat cuaca mendung. Rasanya kita berdiri diantara awan. Yang suka hunting foto pasti bisa ngabisin memori handphone dan kamera disini.

Kebun teh Kemuning terletak di lereng gunung Lawu. Karena masuk daerah pegunungan, suhu udara disini kurang lebih sekitar 21,50 Celcius. Medan jalan ke lokasi berkelok kelok dan naik turun, ciri khas jalan pegunungan. Dan ada tanjakan tajam sebelum mencapai puncak Kemuning, hati hati yaa kalau kesana. Pastikan transportasi yang kita gunakan dalam kondisi mesin yang bagus. Karena aku punya pengalaman motor tau tau mati saat naik tanjakan hehee. Untungnya masih aman dan harus dorong sampai atas. Bisa kita jadikan pelajaran.

Aku berangkat dari kota Solo tercinta, tempat dimana aku dilahirkan dan orangtuaku tinggal. Jarak untuk sampai ke kebun teh Kemuning dari pusat kota Solo sekitar 25 kilometer. Kita ambil tujuan ke kota Karanganyar, rute ke Karang Pandan. Nanti akan kita temukan plang bertuliskan Candi Cetho, Candi Sukuh, dan Air Terjun Jumog. Kita ambil jalur kiri dan lurus mengikuti jalan utama, kurang lebih 60 menitan kita akan sampai lokasi. Sebenarnya kita bisa berangkat dari manapun, banyak akses yang bisa kita ambil. Kebetulan saat itu aku pakai transportasi motor. Bagi pendatang yang takut nyasar, bisa naik bus jurusan terminal Karanganyar. Dilanjutkan bus ke terminal kemuning, dan terakhir gunakan jasa tukang ojek untuk naik ke puncak.

Sebenarnya di area agrowisata kemuning ini banyak tempat tempat seru lainnya. Seperti lokasi outbound, arum jeram, ada candi Cetho dan candi Sukuh, air terjun Jumog dan Parang Ijo. Tapi aku lebih suka duduk cantik di puncak Kemuning. Next kita eksplor tempat tempat wisata ini yaa.

Untuk masalah perut jangan khawatir, disini banyak warga yang mendirikan warung warung kopi. Banyak juga pedagang keliling yang naik motor, mereka menjual bakso kuah, bakso bakar dan cilok wonogiri yang khas rasanya. Entah kenapa beda aja rasanya sama cilok cilok yang dibeli di kota. Makanan yang jangan sampai terlupakan untuk dinikmati yaitu sate kelinci. Jangan lupa makan yaa kalo berkunjung ke puncak Kemuning, nyesel ntar kalo nggak cobain. Untuk minuman kalian harus cobain teh asli kemuning, dijamin ketagihan. Bisa lho beli serbuk teh untuk oleh oleh dan kita konsumsi sendiri dirumah. Walau tetep, paling enak minumnya di puncak Kemuning sambil makan jagung bakar dan sate kelinci. Jadi laper kan nih.

Ada satu lagi tempat makan yang bisa dijadikan referensi, Ndoro Dongker. Tempat ini memiliki ciri khas yang perlu kalian coba. Dan tentunya tak pernah sepi pengunjung, jadi sabar yaa kalau mau makan disini.

Sekian cerita liburan seru dan murah meriah ala aku, semoga bisa menjadi referensi liburan kalian. Jika ada pertanyaan boleh tulis di kolom komentar, bisa juga kirim email ke aku di avrinanur@gmail.com atau DM di akun Instagram aku https://instagram.com/ave_rin
Thank you and see you bye bye.

Lokasi              : Kebun teh Kemuning,
                        Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
HTM                : Free
Transportasi     : Motor, mobil, bus

#LiburanMurahMeriah









Comments

  1. Jadi kangen jalan-jalan aku tuh, mbaknya juga ya? Hmm semoga segera berlalu kesulitan ini. Amin

    ReplyDelete
  2. Rekreasi dengan keluarga merupakan hal yang paling indah, menikmati waktu dan momentum dengan bahagia

    ReplyDelete
  3. Pengen tahu juga yang namanya kebun teh. Di deket tempat tinggal aku ngga ada kebun teh. Itu rekomendasi mbaknya juga jauh banget lagi haha

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Aq brlum pernah kes olo...baru tau dsana ada kebun teh jg ya mom.. hihihi... pengen ksana padahal dr jogja dket bgt.. tp blm ad wktuya...

    ReplyDelete
  6. Aih melihat postingan kebun teh yang sejuk ini jadi merindukan jalan-jalan tapi gak bisa sekarang ini soalnya kondisinya lagi gak baik. Huhu

    ReplyDelete
  7. Mataku dimanjakan ama foto-foto ini 😍. Makasih share ceritanya ya...ayahku yang sempet kesana kemarin sebelum pandemi. Aku blom pernah ..hiks. Beneran deh jadi kangen piknik. Kapan coba?..

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah kesini loh.. semenjak punya anak jadi jarang banget jalan2.. hihi

    ReplyDelete
  9. Seru banget mbak, pas baca ini auto kangen pengen jalan jalan lagi. Hehe. Rekreasi ke kebun teh emang salah satu wisata yang murah meriah ya

    ReplyDelete
  10. Wah... jadi kangen jalan-jalan dan menikmati pemandangan di kaki gunung.
    ah, kapan ya masa #dirumahaja ini berlalu...?

    ReplyDelete
  11. Suka banget liat kebun teh kaya gini, kayanya adem dan tenang ya. Pemandangannya juga indah banget.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Lebih Dekat Virtual Office Arvahub Jakarta

sumber www.arvahub.com Apa sih Virtual Office Arvahub itu? Bergerak dibidang apa? Mungkin beberapa diantara kalian belom tau apa itu Virtual Office Arvahub. Bahkan mungkin ada yang baru mendengar. Bener nggak? Naah buat kalian yang belom tau, aku akan menjelaskan tentang Virtual Office Arvahub supaya kalian dapat mengenalnya lebih dekat, khususnya untuk  Virtual Office Jakarta . Arvahub adalah unit bisnis dalam perusahaan rintisan Sofyan Corp. yang bergerak di bidang properti selama lebih dari 20 tahun, Sofyan Group telah banyak melahirkan unit bisnis yang handal dan teruji di bidangnya. Mulai dari bidang properti, perhotelan, pendidikan, hingga konsultan bisnis, Sofyan Group menjadi fondasi kuat bagi Arvahub dalam mewujudkan cita-cita bisnis kita. Karena dalam bisnis berkolaborasi sangat dibutuhkan, dan Arvahub bisa menjadi katalisator dalam jejaring bisnis kita. Arvahub siap melayani pembuatan PT & CV dengan berbagai kebutuhan kita, mulai dari akta hingga peng

Menumbuhkan Cinta Dengan Read Aloud

Menumbuhkan cinta dengan read aloud, yups cinta. Rasa cinta antara orangtua dan anak, serta rasa cinta anak terhadap buku. Bagaimana bisa? Tentu bisa, karna membacakan buku kepada anak akan meningkatkan bonding dari interaksi interaksi yang terjadi. Dari kesabaran kita membacakan buku dengan bahasa yang dimengerti anak, dari interaksi saat anak bertanya dan menerima penjelasan kita. Semua itu akan memperkuat hubungan kita sebagai orangtua dengan anak. Menumbuhkan cinta anak terhadap buku dapat dilakukan dengan sering membacakan buku, read aloud salah satu cara yang tepat. Selain dapat menumbuhkan cinta pada buku, melakukan read aloud mampu merangsang otak anak agar berkembang sempurna. Read aloud sendiri merupakan aktifitas sederhana, di mana kita menyisihkan waktu untuk membacakan cerita, secara terus-menerus, yang membuat anak menjadi biasa mendengar (listening level), mau membaca, dan akhirnya bisa membaca (independent reading). Jim Trelease – The Read-Aloud Handbook .