Skip to main content

Pencegahan Penyakit Cacingan Dimulai dari Diri Sendiri



Malem semua .. kalian masih betah dirumah aja atau sudah ada yang mencoba beraktivitas diluar rumah? udah jalan jalan ke mall mungkin 😄

Hmmm … Aku berharap apapun pilihan kita, kita tetap diberikan kesehatan dan kebahagiaan Aamiin. Membahas tentang kesehatan nih .. aku selalu ingin mengingatkan ke kalian untuk menjaga system imunitas kita. Karna kalo daya tahan tubuh kita kuat otomatis virus virus dan bakteri ga bakalan mudah masuk ke tubuh kita. Apalagi pandemic covid-19 masih jadi ancaman kita, so harus lebih ekstra lagi perjuangan kita yaa. Salah satu cara menguatkan imunitas adalah menerapkan gaya hidup sehat, yang mana harus diimbangi dengan konsistensi dalam penerapannya. Apa aja sih gaya hidup sehat? Contohnya dengan menjaga pola makan seimbang dan tepat waktu, banyak istirahat dan jangan begadang (aku banget nih hahaa), perbanyak minum air putih, olahraga yang cukup, menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan, dan sering cuci tangan. Banyak makan sayur dan buah juga sangat bagus untuk kesehatan, minum suplemen/vitamin jika diperlukan.

Insyaallah .. dengan menerapkan gaya hidup sehat kita akan terhindar dari banyaknya penyakit yang mengancam. Salah satu penyakit yang mengancam kita, gak hanya anak – anak tapi juga dewasa adalah cacingan. Cacingan adalah penyakit yang muncul disebabkan oleh infeksi kuman parasit. Parasit parasit tersebut bisa masuk dan hidup dalam tubuh lewat makanan atau tangan yang terkontaminasi telur cacing.

sakit perut (gejala cacingan) _ Avrin

Ada beberapa jenis cacing yang mesti kita ketahui. Karna berbeda jenis cacing, berbeda pula cara penularannya. Beberapa jenis cacing itu diantaranya :
1. Cacing Kremi - Bentuknya sangat kecil, tidak berbahaya, tapi sangat sering menginfeksi terlebih anak anak. Cacing kremi tinggal di usus besar dan rectum. Cara penularannya ketika kita menyentuh telur cacing kremi lalu tertelan. Saking kecilnya, telur cacing kremi mudah terbang dan terhirup oleh kita.
2. Cacing Gelang - Cara penularannya melalui makanan yang sudah terkontaminasi telur cacing gelang, lalu dimakan oleh kita. Sekali masuk cacing gelang dapat brkembang biak dalam jumlah banyak didalam tubuh kita.
3. Cacing Pita - Yang kita tahu cacing pita menular melalui konsumsi daging yang kurang matang. Namun, cacing pita juga bisa masuk kedalam tubuh melalui air minum yang telah terkontaminasi telur atau larva cacing pita. Cacing ini terbilang cukup mengerikan karna bisa tumbuh sampai ukuran 15cm dan hidup selama 30 tahun dalam tubuh kita.
4. Cacing Tambang - Telur cacing tambang bisa masuk kedalam tubuh kita melalui pori pori kulit. Jika kita berjalan tanpa alas kaki dan tanpa sengaja menginjak larva cacing tambang, disaat itulah kesempatan cacing masuk dengan menembus kulit sangat besar.
5. Cacing Pipih - Cacing pipih hidup di darah, usus, atau jaringan tubuh kita. Cacing pipih lebih banyak menginfeksi hewan. Namun jika kita sering mengonsumsi sayuran mentah (terutama selada air), kita beresiko terinfeksi cacing ini.
6. Cacing Trikinosis - Jenis cacing ini dapat ditemukan pada daging matang yang sudah dihinggapi larva cacing. Setelah masuk kedalam tubuh kita, larva berdiam di usus dan tumbuh dewasa. Setelah itu larva akan berkembang biak dan berpindah dari usus ke otot atau jaringan tubuh lain. Serem yaa.

Setelah mengetahui jenis cacing, kita juga harus tahu gejala cacingan secara umum. Gejala tersebut diantaranya sakit perut, perut kembung, diare, mual, muntah, kelelahan, disentri, kehilangan napsu makan dan penurunan berat badan secara drastis. Pada anak balita gejala yang muncul pada umumnya berupa rasa gatal di anus dan alat kelamin, sering terbangun pada malam hari, serta penurunan berat badan.

Kalian harus tahu bahwa cacing mengambil nutrisi dari makanan yang masuk dan dari jaringan tubuh kita, termasuk darah. Itulah sebabnya, penyakit cacingan dapat menyebabkan kehilangan darah yang lama-kelamaan menjadi anemia.

Asupan berbagai nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, dan vitamin A, juga akan berkurang, sehingga penderitanya dapat mengalami kekurangan nutrisi (malnutrisi). Hal ini mengakibatkan tubuh penderita cacingan menjadi kurus dan mudah lelah. Bila terjadi pada anak-anak, kurangnya nutrisi akibat cacingan akan mengganggu proses tumbuh kembang mereka atau disebut juga dengan stunting.
Upaya pencegahan untuk menghindarkan diri kita dari cacingan, dapat kita lakukan dengan :
1. Biasakan sering mencuci tangan terutama sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet.
2. Hindari makan selada air atau sayuran dari air tawar dalam keadaan mentah, lebih baik kita rebus terlebih dahulu.
3. Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matang.
4. Usahakan hanya konsumsi air minum dalam kemasan saat bepergian, jangan beli minum sembarangan. Lebih bagus lagi bawa minum dari rumah.
5. Cuci bersih talenan dan peralatan masak segera setelah digunakan untuk memotong daging mentah.
6. Selalu memakai alas kaki jika keluar rumah.
7. Jika memiliki hewan peliharaan, lebih perhatikan kebersihan dan selalu rajin bersihkan kotorannya.
Kunci utamanya adalah selalu menjaga kebersihan, baik diri, makanan, maupun tempat tinggal kita. Selain itu pencegahan dan penanganan penyakit cacingan juga bisa dilakukan dengan rutin minum obat cacing tiap 6 bulan sekali.
Konvermex 250MG _ Avrin

Konvermex, Obat cacing keluarga yang menjadi andalan aku, konvermex hadir sebagai obat cacing yang tepat. Terdapat beberapa jenis, diantaranya :
  • KONVERMEX 250 MG KAPLET
  • KONVERMEX 250 MG SUSPENSI
  • KONVERMEX 125 MG KAPLET
  • KONVERMEX 125 MG SUSPENSI
Konvermex 250MG Kaplet _ Avrin
Konvermex 250MG Suspensi _ Avrin

Bahan aktif Pyrantel Pamoate dalam Konvermex melumpuhkan dan menghancurkan cacing di tubuh, serta mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa memerlukan pencahar.  Kita bisa konsumsi Konvermex sesuai usia, untuk anak dapat mengonsumsi Konvermex suspensi 125 rasa jeruk atau tablet 125 dan untuk dewasa dapat mengonsumsi Konvermex suspensi 250 vanilla atau kaplet 250.

Konvermex terindikasi mampu mengobati cacingan yang disebabkan oleh parasite parasit saluran pencernaan, baik tunggal maupun campuran seperti Cacing kremi (Enterobius vermicularis), Cacing gelang (Ascaris lumbricoides), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), Cacing tambang (Necator americanus),
Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Orientalis.

Mudahnya penyebab dan penularan cacingan yang sudah seperti penyebaran flu, membuat kita harus lebih waspada lagi. Karena itu, selain menjaga kebersihan kita sekeluarga, kita harus rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Ayo Saling Jaga! Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan kita karena setiap orang punya potensi terkena dan bisa menjadi penyebar cacingan. Jangan lupa untuk rutin minum obat cacing tiap 6 bulan sekali yaa.


Be Healthy and Happy always




 Revu







Comments

  1. Aku waktu SD pernah cacingan. Trauma banget minum obat cacing wkt itu. Soalnya cacingnya ga hancur waktu keluar lewat pup 😔

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu lho ka, cacingan menular ini sering terlupakan, Padahal Kalau tahu resikonya ngeuri bangeut

    ReplyDelete
  3. Ya Allah, Lupa minum obat cacing huhu.. thx ya mba sdh info

    ReplyDelete
  4. Konvermex memang tokcer. Aku sudah coba ke anak-anak. Tapi belum coba yang dewasa. Next time mau coba juga.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi ingat dulu waktu kecil minum obat cacing. Hehe. Tapi anak-anakku memeng ku kasihkan obat cacing per 6 bulan sekali

    ReplyDelete
  6. Kadang cacingan ini di sepelekan sama sebagian orang ya, mungkin kurangnya edukasi tentang apa itu sebenarnya cacingan krn saya un dulu juga begitu tapi setelah tahu kini bener bener aware

    ReplyDelete
  7. Jadi keinget dulu masih kecil sering banget kena cacing kremi katanya banyak makan parutan kelapa Karena bentuknya cacing kayak parutan kelapa wkwk

    ReplyDelete
  8. Makasih mami avrin sahring dan infonya

    ReplyDelete
  9. Ya Allah lupa kasih obat cacing buat anak ku udah 6 bln lebih blm dikasih lagi.. biasa nya rutin 6 bln sekali.. pikun bgt iih emak emak ini

    ReplyDelete
  10. Harus banget nih inget tiap 6 bulan sekali minum obat cacing 😍 makasi infonya mam

    ReplyDelete
  11. Wah aku ni kayaknya suka sakit perut, mksh mommy atas sharingnya ya beb

    ReplyDelete
  12. Aku lupa belum kasih obat cacing lgi ke aisyah. Mama avrin makasih banyak sharingnya 😍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Lebih Dekat Virtual Office Arvahub Jakarta

sumber www.arvahub.com Apa sih Virtual Office Arvahub itu? Bergerak dibidang apa? Mungkin beberapa diantara kalian belom tau apa itu Virtual Office Arvahub. Bahkan mungkin ada yang baru mendengar. Bener nggak? Naah buat kalian yang belom tau, aku akan menjelaskan tentang Virtual Office Arvahub supaya kalian dapat mengenalnya lebih dekat, khususnya untuk  Virtual Office Jakarta . Arvahub adalah unit bisnis dalam perusahaan rintisan Sofyan Corp. yang bergerak di bidang properti selama lebih dari 20 tahun, Sofyan Group telah banyak melahirkan unit bisnis yang handal dan teruji di bidangnya. Mulai dari bidang properti, perhotelan, pendidikan, hingga konsultan bisnis, Sofyan Group menjadi fondasi kuat bagi Arvahub dalam mewujudkan cita-cita bisnis kita. Karena dalam bisnis berkolaborasi sangat dibutuhkan, dan Arvahub bisa menjadi katalisator dalam jejaring bisnis kita. Arvahub siap melayani pembuatan PT & CV dengan berbagai kebutuhan kita, mulai dari akta hingga peng

Kebun Teh Kemuning, Keindahan di Kaki Gunung Lawu

Menceritakan pengalaman seru saat liburan membuat hatiku berbunga, membayangkan kenangan yang dimiliki, yang tersimpan dalam hati dan terlukis dalam beberapa hasil tangkapan kamera. Aku yakin kita semua memiliki kenangan dalam liburan seru bersama keluarga. Liburan seru dan murah meriah ala Avrin salah satunya ke agrowisata kebun teh Kemuning. Kenapa seru? Karena aku bisa habiskan waktu bersama keluargaku, berlari larian di tengah hamparan pohon teh sambil bercanda gurau. Bisa duduk bersama dengan kedua orangtuaku. Kita berbagi cerita sambil menikmati kesejukan udara pegunungan yang jauh dari polusi. Berapa sih tiket masuknya ka? Gratis alias FREE. Itulah kenapa aku bilang murah meriah, kita hanya perlu siapkan budget untuk membeli bensin, jajan, makanan, dan oleh oleh. Cocok deh buat traveler yang cari destinasi keren dengan budget minim. Disini kita disuguhkan dengan keelokan pemandangan, sangat mengagumkan. Hamparan hijau kebun teh sejauh mata memandang, s

Menumbuhkan Cinta Dengan Read Aloud

Menumbuhkan cinta dengan read aloud, yups cinta. Rasa cinta antara orangtua dan anak, serta rasa cinta anak terhadap buku. Bagaimana bisa? Tentu bisa, karna membacakan buku kepada anak akan meningkatkan bonding dari interaksi interaksi yang terjadi. Dari kesabaran kita membacakan buku dengan bahasa yang dimengerti anak, dari interaksi saat anak bertanya dan menerima penjelasan kita. Semua itu akan memperkuat hubungan kita sebagai orangtua dengan anak. Menumbuhkan cinta anak terhadap buku dapat dilakukan dengan sering membacakan buku, read aloud salah satu cara yang tepat. Selain dapat menumbuhkan cinta pada buku, melakukan read aloud mampu merangsang otak anak agar berkembang sempurna. Read aloud sendiri merupakan aktifitas sederhana, di mana kita menyisihkan waktu untuk membacakan cerita, secara terus-menerus, yang membuat anak menjadi biasa mendengar (listening level), mau membaca, dan akhirnya bisa membaca (independent reading). Jim Trelease – The Read-Aloud Handbook .